Mengapa Jerawat Bisa Muncul dan Apa Penyebabnya? - Jerawat

Mengapa Jerawat Bisa Muncul dan Apa Penyebabnya?

Mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya-tanya kenapa jerawat masih bisa"nongol' di wajah padahal selalu menjaga kebersihan wajah? Hal ini dikarenakan proses munculnya jerawat bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam tubuh sendiri maupun dari luar. Nah, berikut ini beberapa penyebab munculnya jerawat yang mungkin bisa menambah pengetahuan Anda:
  • Karena terjadinya penyumbatan di pori-pori kulit wajah oleh sebum yang awalnya cair lalu berubah menjadi padat.
  • Produksi sebum meningkat akibat pengaruh hormonal, psikologis, dan kondisi fisik. Jika disertai dengan sumbatan yang terjadi  di muara kelenjar sebasea, aliran keluar sebum menjadi terbendung.
  • Peningkatan populasi dan aktivitas dari bakteri propionibacteri acnes yang terdapat di bawah muara kelenjar sebasea dan suka memakan lemak sebum.
  • Adanya reaksi radang akibat serangan sel darah putih ke sekitar kelenjar sebasea yang sudah terbendung dan akhirnya pecah. Isi lemak sebum akhirnya tumpah ke dalam jaringan kulit jangat atau dermis, sehingga dianggap sebagai benda asing yang memancing serbuan sel darah putih ke bagian tersebut.

Keringat dan sebum bermanfaat dalam membentuk dan mempertahankan tingkat keasaman (pH) kulit, yakni sekitar 4-5, yang bermanfaat untuk mencegah kuman berkembang biak. Namun, jika jumlah sebum dan keringat berubah, yang mengakibatkan ikatan jenuh dalam rantai kimianya menjadi berlebih, maka sebum akan cenderung berubah menjadi padat dan akan menyumbat pori-pori kulit wajah. Penggunaan produk-produk kosmetik yang terlalu tebal dan lengket juga mengakibatkan timbunya pemadatan sebum atau yang lebih dikenal dengan istilah komedo,

Mengapa sebum yang awalnya cair lalu berubah menjadi padat? Penyebab utamanya terjadi karena diet tinggi lemak dan aktivitas bakteri p.acnes yang mengubah asam lemak tak jenuh menjadi asam lemak jenuh. Populasi p.acnes yang berada di dalam saluran keluar kelenjar sebasea akan bertambah banyak jika produksi sebum berlebih, karena bakteri ini merupakan pemakan lemak.

Kondisi stress yang dialami seseorang, baik fisik maupun psikis, dan cuaca panas bisa menyebabkan meningkatnya produksi sebum. Kelelahan dan gangguan emosi seseorang bisa menyebabkan kulit wajah jadi lebih berminyak. Bendungan kelenjar sebasea akan mengakibatkan pecahnya saluran, sehingga memancing serbuan sel darah putih ke tempat kelenjar sebasea tersebut.

Jerawat radang yang disertai pembengkakan dan terlihat memerah merupakan tanda kelenjar sebasea dindingnya sudah hancur dan mengalami kebocoran. Akhirnya timbunan nanah akan didapati pada rongga bekas kelenjar sebasea tersebut.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa jerawat bisa muncul. Semoga artikel tersebut di atas bisa menambah wawasan Anda tentang jerawat. Semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Mengapa Jerawat Bisa Muncul dan Apa Penyebabnya?"

Posting Komentar