Ini Penyebab Jerawat “Nongol” di Wajah Saat Menstruasi - Jerawat

Ini Penyebab Jerawat “Nongol” di Wajah Saat Menstruasi

Tanpa diundang pun, jerawat bisa muncul kapan saja dan dimana saja, baik di wajah mapun di punggung, baik saat menstruasi maupun tidak. Jerawat, dimanapun letaknya pasti akan sangat mengganggu dan menjengkelkan “pemiliknya”. Mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya-tanya kenapa sih jerawat bisa “nongol” di wajah, terutama saat seorang wanita sedang menstruasi.

Nah, untuk menjawab pertanyaan dan rasa penasaran Anda, berikut ini penjelasan dan ulasan lengkapnya mengapa bisa muncul jerawat di wajah seorang wanita yang sedang menstruasi:

Hormon adalah salah satu penyebab “nongolnya” jerawat di wajah saat seorang perempuan sedang menstruasi. Pada seorang perempuan, siklus menstruasi mereka adalah 28 hari atau empat minggu. Selama 14 hari atau dua minggu pertama dari siklus menstruasi tersebut, estrogen menjadi hormon yang sangat dominan, lalu progesteron jumlahnya melebihi estrogen. Tepat sebelum atau selama periode siklus menstruasi, estrogen dan progesteron mengalami penurunan ke tingkat terendah dari periode siklus. Sementara itu, testoteron tetap konstan pada tingkatnya sepanjang bulan. Nah, kekacauan hormon inilah yang bisa mempengaruhi kondisi kulit.

Pada hari ke-14 dari siklus menstruasi, tingkat progesteron akan bertambah jauh melebihi tingkat hormon estrogen, yang akhirnya memicu untuk memproduksi sebum, minyak di dalam pori-pori kulit. Bertambahnya hormon progesteron yang signifikan ini bisa mengecilkan ukuran pori-pori kulit. Mungkin sebagian dari kita banyak yang berpikir jika pori-pori kulit yang kecil sangat baik untuk kesehatan kulit, tapi mengingat hal ini terjadi pada saat seorang wanita sedang menstruasi dan sedang mengalami proses produksi sebum yang berlebih, maka ini artinya minyak dan bakteri menjadi lebih mungkin terperangkap di dalam pori-pori yang lebih kecil, yang akhirnya menimbulkan jerawat dan peradangan. 

Nah, itulah penjelasan dan ulasan mengapa jerawat bisa muncul di wajah seorang wanita yang sedang menstruasi. Jadi, Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi jika hal tersebut terjadi pada wajah Anda, karena memang hal ini normal adanya dan seusai siklus menstruasi kondisi kulit wajah Anda akan kembali normal kembali. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa menambah wawasan Anda seputar jerawat. Semoga bermanfaat. 

Related Posts:

0 Response to "Ini Penyebab Jerawat “Nongol” di Wajah Saat Menstruasi"

Posting Komentar